TIPS TOLAK BTS

  1. BENTUK KELOMPOK. Membentuk kelompok sangat penting. Untuk itu Anda harus nencari tahu. Kelompok harus diketuai oleh orang yang benar benar integritas yang tinggi, jujur semangat tinggi, tahu prosedur serta punya jaringan ke media. Media sangat penting agar suara anda dan rekan rekan sudah perjuangkan. Pejabat pemerintah biasanya berhati hati dengan langkahnya jika perjuangan Anda sudah diekspose rekan rekan media. Harap Anda ketahui, persetujuan warga disekitar BTS adalah ujung tombak penting bagi operator untuk melaksanakan niatnya.

  1. TEGAR DAN TETAP KOMPAK.Anda dan rekan rekan akan mendapat tekanan psikologis dari berbagai pihak, termasuk aneka gosip yang bertujuan menggoyahkan kekompakan kelompok Anda. Pengalaman kami, rumor rumor yang mengatakan si ini sudah dibayar dan dianu sudah setuju dengan kompensasi, bisa menimbulkan kecurigaan diantara anggota kelompok yang bisa mengarah pada perpecahan. Pastikan Anda dan teman teman tetap pada satu tujuan dengan terus menerus melakukan rapat koordinasi. Pastikan Anda dan teman teman melaporkan perkembangan dan merumuskan langkah langkah selanjutnya. Kami mengalami kejadian ini namun berkat ketegaran kami, gosip itu tidak mengendorkan semangat kami dalam memperjuangkan hak hidup kami.

  1. PASTIKAN RT TIDAK TANDATANGAN.Ketika Anda mendengar ada BTS akan dibangun ditempat Anda, segera lapor ke RT dan pastikan RT TIDAK menandatangani surat persetujuan warga. RT adalah ujung tombak bagi penolakan atau persetujuan pembangunan manara BTS.

  1. BUAT SURAT KEBERATAN KE PEMERINTAH SETEMPAT. .Jika RT, RW dan Lurah ternyata sudah tanda tangan, Anda harus mau berjuang dengan membentuk kelompok yang anggotanya adalah mereka yang tidak setuju dengan pembangunan BTS tersebut. Buat surat keberatan ke camat, walikota dengan tembusan ke Lurah tempat Anda tinggal. Semua surat keberatan mesti ditandatangani diatas meterai. Anda harus yakin bahwa pemerintah daerah tengah berubah lebih baik. Prosesnya menciptakan dua kubu ” Good Guys and Bad Guys ”. Pastikan laporan Anda dibaca oleh kelompok Good Guys untuk menahan aksi kelompok Bad Guys melakukan kolusi dan perbuatan merugikan lainnya.

  1. BUAT SURAT KEBERATAN KEPADA OPERATOR. Surat keberatan Anda ke pemerintah setempat harus juga ditembuskan ke operator telepon selular. Ini penting untuk memperingatkan operator bahwa ada keberatan di kalangan warga. Anda dan teman teman harus terus menerus memberikan update kepada mereka. Namun waspadai perilaku mereka yang biasanya berbuat seada upaya agar BTS itu berdiri karena ini bisnis yang menghasilkan keuntungan milyaran setahun. Seorang teman yang bekerja di operator telepon seular pernah mengatakan ” biaya pembangunan BTS lengkap dengan bayaran kontraknya termasuk biaya kompensasi dan uang terima kasih kepada aparat HANYA SETARA DENGAN DUA MENIT PEMBICARAAN ”

  1. WASPADAI PENGHIANAT DISEKITAR ANDA. Dalam perjalanan perjuangan Anda dan rekan rekan, selalu saja ada orang orang yang dilingkungan Anda yang kelihatannya manis dan mendukung Anda, tetapi belakangan mereka atau dia – dan biasanya punya hubungan dekat dengan RT, RW atau Lurah – menikam Anda dari belakang. Mereka memihak pemilik karena mengharapkan imbalan uang. Kejadian ini kami alami dan kami terperosok setelah yang bersangkutan menyatakan bahwa status bangunan tempat akan didirikan BTS itu bermasalah karena status tanahnya adalah tanah wakaf. Yang bersangkutan bahkan bisa bersaksi namun belakangan ia justru menjadi corong pemilik dan bertindak sebagai broker untuk mempengaruhi bahkan mengintimidasi warga yang menolak agar setuju dengan kompensasi yang diajukan pemilik.

  1. GUNAKAN SEMUA SALURAN KOMUNIKASI MEDIA MASYARAKAT. Anda harus menggandeng media untuk menyuarakan perjuangan Anda. Peran pemberitaan media yang kami alami sangat efektif hingga kelompok Good Guys dalam pemerintahan mendapatkan dukungan dalam memperjuangkan terbentuknya ”Good Governance” serta menahan aksi Bad Guys paling tidak untuk sementara. Pastikan Anda memperoleh dukungan dari rekan rekan media. Anda juga bisa menulis keberatan Anda langsung ke situs pemerintah daerah tempat Anda tinggal. Ini penting untuk melengkapi perjuangan Anda. Anda bisa juga menginformasikan kejadian ini pada milis milis yang ada di internet. Namun sekali lagi, Anda harus jujur dan tidak mengada-ada.

  1. JANGAN PAKSA MEDIA. Media bukan milik Anda. namun pastikan rekan rekan media memantau perkembangan tanpa memberitakannya di media mereka dan memberikan informasi kepada Anda. Sebaliknya Anda juga memberikan perkembangan dilapangan secara jujur dan tidak ditambah tambahkan. Berikan data data tertulis termasuk surat pengaduan kepada berbagai pihak. Untuk diperhatikan. Media hanya memberitakan yang layak ditayangkan atau ditulis sesuai perintah Pemimpin Redaksi. Jadi penting bagi Anda untuk mempunyai hubungan dengan Pemimpin Redaksi. Media pasti akan memberitakan jika ada kejanggalan prosedural atau pejabat yang nakal. Media juga paham posisi dirinya sebagai penyambung lidah masyarakat sekaligus social control. Jadi tanpa ada minta, jika Anda laporkan perkembangan yang terjadi berkenaan dengan BTS , media PASTI akan memberitakannya.

  1. GUNAKAN SITUS INI UNTUK MENGINFORMASIKAN KEPADA MASYARAKAT APA SAJA YANG SUDAH ADA LAKUKAN. KIRIMKAN ATURAN ATURAN PEMERINTAH DAERAH MENGENAI TATA CARA PENDIRIAN BTS UNTUK DISHARE KEPADA REKAN REKAN KITA YANG MUNGKIN SEDANG BERJUANG MENOLAK BTS.
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: